Kamis, 29 April 2010

Pengertian internet dan Aplikasinya « Khairul94's Blog

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah apa yang Anda ketahui tentang lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 akurat? Perhatikan paragraf berikut dan bandingkan apa yang Anda ketahui untuk info terbaru pada lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010.
Mudah-mudahan informasi yang disajikan sejauh ini telah berlaku. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan berikut ini:

PENGERTIAN INTERNET Internet (inter-network)dapat diartikan jaringancomputer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengancomputer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negarake Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai anekaragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitukegiatan œberselancar di internet .kegiatan ini dapat di analogikanlayaknya berjalan "jalan di mal sambil melihat "lihat ke took-tokotanpamembeli apapun. Elektronik mail(E-mail) Fasilitas ini digunakan untukberkirim surat /dengan orajng lain ,tanpa mengenal batas ,waktu,ruangbahkan birokrasi Searching Yaitu kegiatan mencari data atau informasitertentu di internet Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasisecara langsung dengan orang lain di internet.pada umumnya fasilitasini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet worldwide web(WWW) dengan world wide web(WWW) ini anda dapat mengambil,memformat ,dan menampilkan informasi (termasuk teks ,audio, grafik danvideo) dengan menggunakan hypertekxt links Mailing list Fasilitas inidigunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakanE-mail.mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi ,pendapat danlain sebagainya . Newsgroup Fasilitad ini digunakan untuk berkoferensijarak jauh ,sehingga anda dapatmenyampaikan pendapat dan tanggapan dalaminternet . Download Adalah proses mengambil file dari computer lainmelalui internet ke komputer kita. Upload Adalah proses meletakkan filedari computer kita ke computer lain melalui internet File transferprotocol (FTP) Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsipatau file secara elektroniok atau transfer file dari satu computer kecomputer lain di internet .beberapa di internet telah tersedia file ataudokumentyang siap[ untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis .Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentudan bekerja pada system komputer lain. Ghoper Fasilitas ini digunakanuntuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers denganmenggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut
SejarahInternet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk olehDepartemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan softwarekomputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarakyang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancangbentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan,dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakalpembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Tujuan awaldibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat ituDepartemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuatsistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer didaerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangannuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabilaterjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanyamenghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, Universityof California, Santa Barbara, University of Utah, di mana merekamembentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANETdiperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek iniberkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untukmengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu œMILNETuntuk keperluan militer dan œARPANET baru yang lebih kecil untukkeperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan keduajaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudiandisederhanakan menjadi Internet.

Aplikasi Internet
Aplikasiinternet sangat berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi yangmendukungnya, antara lain seperti: e-mail, file transfer, Bulletin BoardSystem, online banking, video broadcasting, radio broadcasting,internet telephony, dan World Wide Web (web).
e-mail
e-mail adalahaplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik keorang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syaratkeduanya memiliki koneksi ke internet. Diperkirakan lebih dari 100 jutaorang telah memiliki alamat e-mail, dan setiap bulan lebih 1 terabyte(TB) telah melintasi jaringan internet. Agar seseorang bisa memilikialamat surat internet (e-mail) maka dia harus mendaptarkan diri padasatu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara online. Alamatsurat elektronik biasanya dalam format: user@penyedia, misalnya:ali@yahoo.com, atau indra@indosat.net.id, dan sebagainya. Surat-suratyang dikirim ke seseorang akan ditampung pada suatu server (mail server)di komputer penyedia layanan, kemudian secara otomatis di-downloadketika user membuka kotak suratnya (mailbox) pada saat koneksi keinternet.
File Transfer
File Transfer adalah aplikasi yangmemungkinkan seseorang men-transfer file data-nya dari satu komputer kekomputer lain dalam jaringan internet. Misalnya mengambil file darisuatu lokasi (download) atau mengirim file kesuatu lokasi (upload).Suatu protokol internet yaitu FTP (file transfer protocol) melayaniproses pemindahan ini. File-file besar biasanya dikompress dulu sebelumdisediakan dalam suatu FTP server, dalam format zip, tar.gz, atau hqx.
BulletinBoard
Bulletin Board System (BBS) adalah layanan bulletin onlineyang dibagi menurut bidang ilmu pengetahuan, atau bidang-bidang minatlainnya. Network News dan Usenet News adalah dua contoh BBS yangmenyajikan lebih dari 6000 bidang minat. Bidang ilmu pengetahuan ataubidang minat dibagi dalam beberapa kategori, antara lain sbb:
¢ combidang Komputer, termasuk teknologi jaringan LAN
¢ biz bidang bisnis
¢K12 bidang pendidikan dasar dan menengah
¢ rec bidang rekreasi
¢sci bidang sains (biologi, kimia, fisika)
¢ soc bidang sosial
OnlineBanking
Beberapa bank kini menyajikan layanan online melaluiinternet, dimana nasabah dapat mendapatkan informasi tentang berbagaiurusan perbankan, dan juga bisa untuk memeriksa rekening tanpa perlu kebank. Masalah utama adalah masalah keamanan data, dimana rekeningseseorang bisa dibobol, dsb.
Radio Broadcasting
Berbagai stasiunradio menyebarkan siaran-nya melalui internet sehingga pendengar tidakmemerlukan antena khusus untuk menangkap siaran radio favorit-nya.Teknologi audio streaming digunakan untuk menyalurkan suara ke internet,walaupun reliabilitas-nya kurang, mengingat teknologi streaming adalahteknologi packet-switching, sehingga bisa terjadi penundaan waktu yangmenyebabkan suara terputus-putus, bahkan beberapa paket suara mungkinhilang dalam media transmisi. Tetapi karena pada umumnya siaran radiointernet ini gratis, maka para pendengar biasanya cukup maklum dengankondisi siarannya.
Video Broadcasting
Seperti pada siaran radio,maka beberapa stasiun TV juga memiliki situs di internet untukmenyebarluaskan siaran-nya. Disamping itu, aplikasi seperti netmeeting,CU-SeeMe yang menyajikan video-conferencing melalui internet juga kinisudah bisa digunakan oleh banyak orang. Namun seperti pada RadioBroadcasting maka kualitas siaran TV juga tidak terlalu bagus.
InternetTelephony
Telepon internet dikenal juga sebagai IPhone, NetPhone,atau VOIP (Voice Over Internet Protocol), adalah usaha untuk melakukankoneksi telepon melalu internet. Keuntungan Voip adalah kemungkinanbiaya murah untuk telepon jarak jauh (interlokal), bahkan bisa gratisbila dilakukan oleh dua orang yang terhubung ke internet, kemudianmenggunakan microphone dan speaker yang ada pada komputernya untukmelakukan percakapan. Kelemahan-nya adalah kualitas suara yang mungkinburuk akibat rintangan dalam jaringan internet yang sibuk. Perusahantelepon seperti Telkom di Indonesia melarang voip untuk dijadikan bisnisper-orangan, karena bisnis komunikasi hanya bisa dilakukan olehperusahaan komunikasi.
Chatting
Chatting adalah aplikasi yangdigemari banyak orang terutama anak muda, karena memberi layananberkomunikasi antar teman melalui internet (Internet Relay Chatting /IRC). Komunikasi yang dilakukan pada umumnya komunikasi teks, dimana duaorang yang sedang chatting akan ber-balas-balasan kalimat pendek yangdiketik pada layar monitor.
World Wide Web
World Wide Web (WWW),lebih populer dengan istilah Web, merupakan aplikasi internet yangpaling digemari oleh pengguna internet. Web mula-mula diperkenal-kanoleh Tim-Berners-Lee pada tahun 1992 di CERN, laboratorium FisikaPartikel Eropa yang berlokasi di Jenewa, Swiss, dan setelah populerkemudian diambil alih pengembangannya oleh W3C (World Wide WebConsortium). Marc Andressen merancang sebuah perangkat lunak untukmenampilkan halaman Web yang diciptakan oleh Tim-Berners Lee, yangdinamakan sebagai web-browser. Web menjadi populer karena kemampuannyamenyajikan objek multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisadijadikan sebagai sumber informasi yang memuat teks, gambar, suara,citra, dan video, yang diatur oleh program HTML (Hyper Text MarkupLanguage). Hypertext dapat membentuk hyperlink yang memungkinkanseseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web lainnya.Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamattertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti InternetExplorer, NetScape, atau Opera). Format alamat situs Web biasanyaditulis sebagai : http://www.organisasi.tipe.negara, misalnya: situspemda Makassar adalah http://www.makassar.go.id, atau situs koran Kompasadalah http://www.kompas.co.id.

Mereka yang hanya mengenal satu atau dua fakta-fakta mengenai lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 bisa bingung dengan informasi yang menyesatkan. Cara terbaik untuk membantu mereka yang menyesatkan adalah dengan lembut benar mereka dengan kebenaran yang Anda pelajari di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar