Rabu, 21 April 2010

Tips Melihat Hujan Meteor Liryds Hari Ini | GoocliniC

Ketika Anda belajar mengenai sesuatu yang baru, mudah untuk merasa kewalahan oleh jumlah semata-mata informasi yang relevan yang tersedia. Artikel informatif ini akan membantu Anda berfokus pada titik pusat.

Hujan meteor Lyrids tergolong hujan meteor sedang dan berlangsung 14 sampa 17 jam
GoocliniC - Puncakhujan meteor Lyrids diprediksi akan mulai terjadi malam ini,tanggal 22 April dini hari. Para pecinta astronomi tentu tak sabar'berburu' meteor yang jatuh dari langit. Agar bisa menikmati keindahanfenomena alam ini dengan sempurna, ada beberapa saran yang bisadijadikan acuan.
Kepala Observatorium Boscha di Lembang, Bandung,Hakim L Malasan memperhitungkan, puncak hujan meteor Lyrids akanterjadi sekira pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB pada 22 April 2010.Hujan meteor ini, menurut Hakim, tidak membahayakan.

"Jikaberuntung, kita bisa lihat Fire Ball, yaitu ledakan besar yang terjadisaat meteor mulai memasuki Bumi. Peristiwa ini berlangsung hanyabeberapa detik saja dan ini aman, tidak ada pengaruh ke Bumi. Meteoryang jatuh akan perlahan terkikis habis," terang Hakim Rabu (21/4/2010).

Tak lupa, Hakim pun memberikan beberapa saranbagi pecinta astronomi yang akan menyaksikannya nanti malam.

Yangpertama, menurut Hakim, lebih leluasa melihatnya dengan mata telanjang.Hujan meteor pun aman dilihat tanpa alat bantu. Justru jika menggunakanteleskop, ujarnya, jarak pandang menjadi sempit dan terbatas.

Mudah-mudahan informasi yang disajikan sejauh ini telah berlaku. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan berikut ini:

Kedua,hindari tempat yang terang. Dengan asumsi, cahaya-cahaya terang beradadibawah kita. Misalnya jika di perkotaan, bisa dilihat dari balkon atauatap rumah.

Ketiga, arahkan pandangan ke arah Timur laut,tepatnya dekat rasi Lyra. Namun bagi astronom amatir yang kurang paham,Hakim punya cara termudah untuk mendeteksi keberadaan hujan meteor."Cukup dengan melihat sekeliling langit. Dimana ada kelebatan cahaya,kita bisa mengidentifikasi itulah wilayah meteor jatuh," sarannya.

Keempat,bagi yang ingin mengabadikan fenomena ini, gunakan kamera atau videoyang memiliki lensa medan luas serta daya sensitifitas tinggi. Tak lupagunakan tripod agar hasil pengamatan terekam sempurna.

Terakhir,karena pengamatan dilakukan di luar ruangan, tentunya udara akan cukupdingin dan angin malam bisa mengganggu kesehatan. "Terkadang adaastronom yangbegitu terkesima melihat hujan meteor, mereka lupamelindungi tubuh dengan pakaian hangat. Akibatnya perut jadi kram karenakedinginan, atau keesokannya sakit," kata Hakim. Itu sebabnya, Hakimmenyarankan para pecinta astronomi menggunakan pakaian hangat agar lebihnyaman saat melakukan pengamatan.

Nah, tips sederhana ini bisadicoba saat melakukan pengamatan nanti malam. Namun Hakim jugamengingatkan, syarat untuk bisa melihat meteor adalah langit haruscerah. "Jika ternyata langit mendung, ya apa boleh buat, alam kan tidakbisa diprediksi. Tapi saya berharap semoga nanti malam cuacanyamendukung," harapnya

Ada banyak untuk mengerti tentang lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010. Kami dapat memberi Anda beberapa fakta di atas, namun masih ada banyak lagi untuk menulis tentang di artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar